5 Tempat Wisata Budaya Yang Wajib Kita Kunjungi

posted in: Tips Wisata | 0
Share ya

5 Tempat Wisata Budaya Yang Wajib Kita Kunjungi. Indonesia tidak cuman pantai yang cantik serta laut biru. Seluruhnya orang pasti tahu beragamnya budaya di Indonesia. Sayangnya, tidak banyak turis domestik yang berupaya menjelajahi segi budaya dari destinasi di Indonesia yang dikunjungi.

wisata budaya jogja

Jadi, bagaimana bila inilah waktunya Anda coba berwisata budaya. Bingung mengawali dari tempat mana, cobalah singgah ke tempat-tempat ini waktu berkunjung ke satu destinasi wisata di Indonesia.

Tempat beribadah

Nyaris di beberapa besar daerah di Indonesia alami sistem akulturasi pada agama serta keyakinan dan budaya setempat. Anda dapat berkunjung ke tempat beribadah untuk mengetahui lebih dalam sistem akulturasi itu. Ambillah misal Masjid Menara Kudus di Kudus, masjid tempati bangunan yang berdampingan dgn candi. Atau, di Bali sebagian gereja berupa gapura khas Bali.

Desa adat

Desa kebiasaan jadi tempat yang pas untuk mengetahui lebih dalam budaya serta kehidupan masyarakat setempat. Rumah-rumahnya juga tetap berarsitektur tradisional. Juga baju hingga beberapa barang yang digunakan keseharian. Berinteraksilah langsung dgn masyarakat setempat untuk tahu dengan cara langsung kehidupan mereka. Sebagian desa adat seperti Kampung Naga di Tasikmalaya, Kampung Tarung di Sumba Barat, Desa Terunyan di Bali, dsb.

Museum

Tiap-tiap propinsi mempunyai museum budaya. Didalam museum ada koleksi-koleksi yang menuturkan kebudayaan masyarakat setempat. Koleksi yang dipajang memberikan info untuk pengunjung dimulai dari adat lahir, kehidupan keseharian hingga kematian. Sebagian propinsi memunculkan banyak koleksi suku-suku yang menempati propinsi itu. Museum budaya semestinya jadi agenda pertama waktu berkunjung ke satu destinasi. Karena, museum ini seperti peta wisata yang mengambarkan kehidupan suku yang mendiami daerah itu.

Tempat Festival

Tiap-tiap daerah umumnya mempunyai area spesial tempat penyelenggaraan satu festival. Anda mesti pintar-pintar tahu agenda satu acara budaya. Umumnya satu festival diadakan di alun-alun, lapangan luas, atau latar alam. Umpamanya Festival Danau Sentani bertempat di Danau Sentani. Festival Pasola bertempat di lapangan luas di Sumba Barat.

Pusat kerajinan tangan serta sanggar

Datangi tempat-tempat pembuatan kerajinan tangan. Beberapa pengrajin ini adalah pewaris adat turun temurun. Tempat pembuatan kerajinan tangan yang umum ada di Indonesia yaitu kerajinan tenun, batik, tanah liat, kayu, dsb. Anda dapat belajar filosofi dari tiap-tiap kerajinan tangan yang di buat. Dimulai dari tehnik hingga motif. Umpamanya Desa Bonde di Majene, Sulawesi Barat, tempat pembuatan tenun Mandar. Atau, lihat kerajinan sasak di Desa Sasak, NTB. Sanggar tari serta musik dapat juga jadi tempat untuk mengetahui kesenian tradisional setempat. Tambah baik lagi bila Anda turut belajar tarian atau alat musik. Untuk misal yaitu Saung Angklung Mang Udjo di Bandung.

Mau Booking Hotel, Cari Tiket Pesawat atau Kereta? Disini aja..

Leave a Reply