7 Kuliner Khas Solo Yang Wajib Dicicipi

posted in: Artikel Wisata | 0
Share ya

7 Kuliner Khas Solo Yang Wajib Dicicipi. Solo adalah satu diantara kota eksotis di Jawa Tengah. Kota yang satu ini populer dgn kerajinan batiknya. Bukan sekedar itu saja, namun wisata kuliner Solo juga tak kalah populer. Solo juga populer dgn kuliner khasnya yg tidak kalah enak dgn kota lain. Namun sayangnya tak beberapa orang yang tau kehadiran beberapa makanan ini waktu di Solo. Jalan-jalan ke Solo, rugi bila melupakan kuliner khasnya.

Apapun kuliner-kuliner Solo itu?

1. Cabuk Rambak

karak-by-twicsy.com_

Nama lain dari Cabuk Rambak yaitu Gendar Janur. Dimaksud Gendar Janur lantaran memiliki bahan dasar beras yang di buat ketupat dalam anyaman janur (daun kelapa muda). Bumbu Cabuk Rambak ini dapat disebut unik. Sepintas memanglah serupa bumbu sambal kacang yang umum dipakai untuk bumbu pecel.

Namun yang membedakan yaitu bumbu Cabuk Rambak menggunakan wijen yang digoreng berbarengan santan kelapa, cabai, bawang putih, kemiri serta gula merah. Janganlah lupa Cabuk Rambak disantap dgn karak yakni krupuk dgn bahan dasar beras. Cabuk Rambak umum dijajakan berkeliling kampung. Waktu perayaan sekaten dapat ditemui di sekitar halaman Masjid Agung Keraton.

2. Tengkleng

tengleng-by-ganeshazakikautsar.wordpress

Tengkleng itu serupa gulai kambing. Namun yang membedakan kuah Tengkleng tak menggunakan santan. Isi tengkleng yaitu tulang-tulang kambing dgn sedikit daging yang melekat, berbarengan dgn usus, sate jerohan, otak serta organ-organ lain seperti mata, telinga, pipi, kaki dan sebagainya.

Enaknya yaitu saat kita menggerogoti sedikit daging yang melekat pada tulang serta menghisap berisi. Makanan ini bisa ditemukan di samping Gapura Pasar Klewer serta Warung Tengkleng Yu Tentrem di Jl Letjend Sutoyo.

3. Sate Kere

sate-kere-by-andikaawan.blogspot.com_

Sate Kere, sate unik khas Solo. Disebut unik lantaran sate ini tak terbuat dari daging ayam atau kambing seperti sate-sate biasanya. Menu utama Sate Kere yaitu sate tempe gembus, yakni tempe dari ampas kedele bekas pembuatan tahu. Diluar itu juga ada sate jerohan sapi, seperti paru, limpa, hati, iso, torpedo, ginjal, serta babat.

Bumbu pelengkap Sate Kere sama dgn bumbu kacang untuk Sate Ayam yakni bumbu kacang. Sate kere bisa didapati di samping selatan stadion sriwedari, Warung Yu Rebi serta di depan TK Marsudirini.

4. Selat Segar

selat-by-mamatamy.blogspot.com_

Selat Segar yaitu makanan yang diadaptasi dari salad asal barat yang lalu dirubah jadi selera lidah lokal. Salad Fresh terbagi dalam irisan daging yang ditambah dgn rebusan wortel, buncis, telur pindang, kentang. Salad Segar dilengkapi juga dgn mayonaise serta kuah kecap yang segar. Warung selat yang populer di Solo yaitu Warung Selat Mbak Lies di Serengan serta RM Kusuma Sari di Perempatan Nonongan.

5. Nasi Liwet

Nasi-liwet

Makanan yang satu ini yaitu makanan yang paling populer di Solo. Siapa sih yg tidak kenal Nasi Liwet khas Solo?

Nasi Liwet yaitu beras yang dimasak denga kaldu ayam. Terasa gurih serta beraroma lezat. Nasi Liwet lalu digabung dgn sayur labu siyam yang dimasak agak pedas, telur pindang rebus, daging ayam suwir, kumut. Kumut yaitu kuah santan yang dikentalkan.

Nasi Liwet umum di sajikan dgn daun pisang yang dibentuk pincuk untuk piringnya. Penjual Nasi Liwet banyak bisa didapati di daerah Keprabon, buka mulai jam 4 sore.

6. Gudeg Ceker

gudeg-ceker-by-palingindonesia.com_

Diliat dari namanya telah jelas bila Gudeg yang satu ini memiliki bahan dasar ceker (kaki ayam). Janganlah cemas cekernya alot lantaran ceker di rebus dahulu dgn bumbu santan hingga jadi lunak.

Tak hanya gudeg, ceker dapat juga di sajikan untuk makanan pendamping bubur. Menu ini bakal makin mantap bila disiram dgn kuah Sambel Goreng Krecek. Gudeg ceker ini bisa didapati di Jl. Wolter Monginsidi Margoyudan, Warung Gudeg Ceker bu Kasno di buka mulai jam 2 pagi serta Warung Gudeg samping utara perempatan warung pelem buka mulai jam 7 malam.

7. Bakmi Toprak

bakmi-thoprak-yunani-jejak-bocahilang.com_

Bakmi Toprak adalah satu diantara type olahan mie. Semangkuk Bakmi Toprak terbagi dalam mi kuning, irisan kol, tahu tempe goreng, telur serta sosis goreng. Lalu disiram dgn kuah kaldu serta irisan tetelan daging sapi. Tak lupa ditaburi juga dgn bawang goreng serta seledri. Untuk pelengkap dapat ditambah karak (kerupuk nasi). Bakmi Toprak yang populer yaitu Bakmi Toprak Yu Nani di Jl Pandudewanata, Kartopuran, Jayengan, Serengan, Solo.

Mau Booking Hotel, Cari Tiket Pesawat atau Kereta? Disini aja..

Keyword Dicari:

  • bakmi toprak yu nani
  • bakmi toprak kartopuran
  • khas solo wajib
  • mie toprak bu lies solo
  • makanan wajib solo
  • Bakmi Ketoprak Yu Nani Kota Surakarta Jawa Tengah

Leave a Reply