Candi Ijo

posted in: Tempat Wisata | 0
Share ya

Menyusuri jalur ke sisi selatan kompleks Istana Ratu Boko adalah perjalanan yang menarik, terlebih untuk penikmat wisata budaya. Bagaimana tidak, bangunan candi disana bertebaran bak cendawan di musim hujan. Satu salah satunya yang belum banyak jadi pembicaraan yaitu Candi Ijo, suatu candi yang letaknya paling tinggi diantara candi-candi lain di Daerah Istimewa Yogyakarta.

wisatajogjamurah-candi-ijo

Candi Ijo di bangun sekitar era ke-9, di suatu bukit yang di kenal dgn Bukit Hijau atau Gumuk Ijo yang ketinggiannya lebih kurang 410 m diatas permukaan laut. Lantaran ketinggiannya, maka bukan hanya saja bangunan candi yang dapat di nikmati namun juga panorama alam di bawahnya berbentuk teras-teras seperti di daerah pertanian dgn kemiringan yang curam. Walau bukan hanya daerah yang subur, panorama alam di sekitaran candi benar-benar indah untuk di nikmati.

Kompleks candi terdiri dari 17 susunan bangunan yang terbagi dalam 11 teras berundak. Teras pertama dan halaman menuju pintu masuk adalah teras berundak yang membujur dari barat ke timur. Bangunan pada teras ke-11 berbentuk pagar keliling, delapan buah lingga patok, empat bangunan yakni candi utama, serta tiga candi perwara. Peletakan bangunan pada setiap teras didasarkan atas kesakralannya. Bangunan pada teras paling tinggi yaitu yang paling sakral.

Macam wujud seni rupa didapati dari pintu masuk bangunan yang tergolong candi Hindu ini. Pas diatas pintu masuk ada kala makara dgn motif kepala ganda serta sebagian atributnya. Motif kepala ganda serta atributnya yang juga dapat didapati pada candi Buddha membuktikan bahwasanya candi itu yaitu wujud akulturasi kebudayaan Hindu serta Buddha. Sebagian candi yang mempunyai motif saat makara sama diantaranya Ngawen, Plaosan serta Sari.

Ada juga arca yang melukiskan sosok wanita serta lelaki yang melayang serta mengarah pada segi spesifik. Sosok itu bisa memiliki sebagian arti. Pertama, suwuk untuk mngusir roh jahat serta ke-2 untuk simbol persatuan Dewa Siwa serta Dewi Uma. Persatuan itu dimaknai untuk awal terciptanya alam semesta. Tidak sama dgn arca di Candi Prambanan, corak naturalis pada arca di Candi Ijo tak mengarah pada erotisme.

Menuju bangunan candi perwara di teras ke-11, ada suatu area seperti bak area api pengorbanan (homa). Pas dibagian atas tembok belakang bak itu ada lubang-lubang hawa atau ventilasi berupa jajar genjang serta segitiga. Ada area api pengorbanan adalah cermin penduduk Hindu yang memuja Brahma. Tiga candi perwara tunjukkan penghormatan penduduk pada Hindu Trimurti, yakni Brahma, Siwa, serta Whisnu.

Satu diantara karya yang menaruh misteri yaitu dua buah prasasti yang terdapat di bangunan candi pada teras ke-9. Satu diantara prasasti yang di beri kode F bertuliskan Guywan atau Bluyutan artinya pertapaan. Prasasti lain yang terbuat dari batu memiliki ukuran tinggi 14 cm serta tidak tipis 9 cm berisi mantra-mantra yang diprediksi berbentuk kutukan. Mantra itu ditulis sejumlah 16 kali serta salah satunya yang terbaca yaitu ” Om Sarwwawinasa, Sarwwawinasa. ” Mungkin saja, ke-2 prasasti itu erat dgn terjadinya momen spesifik di Jawa waktu itu. Apakah kejadiannya? Sampai saat ini belum terkuak.

Berkunjung ke candi ini, anda dapat menjumpai panorama indah yang tidak bakal dapat didapati di candi lain. Apabila menghadap ke arah barat serta melihat ke bawah, anda dapat lihat pesawat take off serta landing di Bandara Adisutjipto. Panorama itu dapat didapati lantaran Pegunungan Seribu area berdiri candi ini jadi batas sisi timur bandara. Lantaran kehadiran candi di pegunungan itu juga, landasan Bandara Adisutjipto tidak dapat diperpanjang ke arah timur.

Tiap-tiap detil candi menyuguhkan suatu hal yang berarti serta mengajak penikmatnya untuk berefleksi hingga perjalanan wisata tidak sebatas bersenang-senang. Ada banyak karya seni rupa hebat tanpa adanya nama pembuatnya itu membuktikan pandangan penduduk Jawa waktu itu yang lebih mengutamakan pada pesan moral yang dibawa oleh satu karya seni, bukan hanya si pembuat atau kemegahan karya seninya. Tunggu apa lagi? Yuk jalan-jalan bareng wisatajogjamurah.com :D

Alamat: Bukit Ijo, Desa Sambirejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta, Indonesia

Referensi Artikel : yogyes.com

Mau Booking Hotel, Cari Tiket Pesawat atau Kereta? Disini aja..

Leave a Reply