Menikmati Indahnya Stalaktit di Gua Maria Tritis Jogja

posted in: Artikel Wisata | 0
Share ya

Menikmati Indahnya Stalaktit di Gua Maria Tritis Jogja. Saat mempunyai sehari kosong di Jogja dalam rencana menghadiri pesta perkawinan, salah satu wisatawan awalannya tak mempunyai bayangan bakal menggunakan waktu ke mana. Tetapi, mujur rekan perjalanan mereferensikan untuk menyesuri pesisir pantai Selatan. Dgn kendaraan sewaan serta supir yang benar-benar tahu daerah, pada akhirnya saya tiba juga ditempat maksud pertama ; di Gua Maria Tritis.

gua maria tritis jogja (2)

Gua Maria Tritis ini adalah tempat ziarah untuk penganut agama Katolik. Namun bukan hanya bermakna untuk penganut agama lain–seperti saya–tidak bisa berkunjung ke tempat ini, lantaran Gua Maria Tritis lumayan menarik untuk dikunjungi.

Untuk mencapai gua ini, ada dua jalur panjang serta pendek. Dua-duanya cuma dapat ditempuh dgn jalan kaki. Untuk penganut agama Katolik yang baru pertama kali bisa coba menyusuri jalur panjang, lakukan jalan salib yang disana ada 14 pemberhentian dgn sinyal mozaik batu yang melukiskan perjalanan Yesus disalib. Di pemberhentian ke-12, ada tiga salib untuk gambaran Yesus disalib.

Pemberhentian ke-12 ini dapat bakal dilalui untuk beberapa pelancong yang menentukan jalur pendek untuk meraih Gua Maria Tritis seperti saya. Bila menentukan rute pendek ini, maka jarak dari tempat parkir mobil ke gua cuma seputar 1/2 km.. Sedang rute panjang, kira-kira 1,5 km..

Jalan menuju gua tidaklah mulus. Berbatu serta berkelok-kelok di jalur jalan yang terkadang menyempit seperti dalam gang. Waktu menyusuri jalan seperti ini dgn panorama di segi kiri serta kanan rimba jati berikan kesan petualangan.

Satu hal yang perlu di perhatikan yaitu saat tiba di lapangan parkir, kita umumnya bakal segera diserang oleh beberapa mbakyu-mbakyu ojek payung. Tidak perlu panik. Bila kita tak memerlukan, dapat segera tidak diterima dgn halus. Tetapi bila memerlukan payung lantaran memanglah cahaya matahari cukup terik, tidak ada kelirunya juga lantaran sembari menyusuri jalan berbatu itu, mbakyu-mbakyu ini bakal banyak bercerita perihal gua ini hingga kita juga terasanya berjalanan ditemani pemandu, serta sekurang-kurangnya kita lebih mengetahui objek pariwisata yang kita kunjungi.

Goa Maria Tritis terdapat di desa Singkil, Wonosari yang terbentuk dari batu kapur berupa stalaktit yang meneteskan air. Lantaran tetesan air dalam gua inilah yang bikin gua dinamakan Tritis. Kata Tritis datang dari kata dalam bhs Jawa ‘Tumaritis’ yang bermakna tetesan air. Goa Maria Tritis ini ditemukan taun 1974 oleh seseorang anak kecil yang lalu memberitahu perihal penemuannya pada seseorang pastur lalu beliau merubah tempat ini untuk tempat melaksanakan ibadah. Serta, saat ini gua ini bukan sekedar digunakan untuk tempat melaksanakan ibadah namun juga berziarah.

Bila sebelum-sebelumnya patung Bunda Maria berwarna putih, saat ini patung Bunda Maria berwarna abu-abu. Bukan hanya berniat dicat warna gelap. Rupanya patung ini terbuat dari batu gunung Merapi hingga berwarna seperti itu.

Didalam gua, untuk pelancong yang bukan hanya penganut Katholik, dapat menyusuri gua kagum pada juluran stalaktit yang demikian banyak didalam gua. Lantaran terdapat banyak yang tetap selalu meneteskan air, stalaktit juga penuh lumut. Terdapat banyak stalaktit juga yang dipotong atas nama unsur keselamatan untuk beberapa jemaat waktu melaksanakan ibadah atau patah dengan cara alami serta terus meneteskan air.

Tak hanya patung Bunda Maria, ada juga salib putih yang terdapat diatas altar yang juga kerap diambil jemaat untuk tempat berdoa. Berhubung gua ini dipakai untuk tempat melaksanakan ibadah, terdapat beberapa bangku panjang yang dapat juga jadi tempat beristirahat dari kelelahan menyusuri jalan menuju gua yang berkelok-kelok itu.

Meskipun berkunjung ke ini cuma memerlukan waktu kira-kira sejam (dimulai dari turun parkir mobil sampai kembali lagi), bila menyusuri tepi jalan pantai Selatan, tempat ini terhitung satu diantara harus untuk dikunjungi supaya ada variasinya, tak sebatas nikmati pantai saja atau rimba jati serta bukit batu kapur yang ada di segi kiri serta kanan jalan. gua maria tritis jogja (3) gua maria tritis jogja (4) gua maria tritis jogja (5) gua maria tritis jogja (6) gua maria tritis jogja (7) gua maria tritis jogja (8) gua maria tritis jogja (9) gua maria tritis jogja (1)

Mau Booking Hotel, Cari Tiket Pesawat atau Kereta? Disini aja..

Leave a Reply