Menjadi Jurnalis Wisata

posted in: Tips Wisata | 0
Share ya

Menjadi Jurnalis Wisata. Berwisata, menulis, lalu lalu dibayar. Siapa yang tidak inginkan hal demikianlah? Belakangan, profesi untuk penulis wisata makin digemari. Beberapa orang tergoda menuliskan perjalanan wisatanya untuk lalu ditampilkan pada majalah, surat berita atau situs.

Tetapi nyatanya berprofesi untuk penulis wisata yaitu masalah gampang-gampang sulit. Terbilang gampang, lantaran Anda tinggal menuliskan cerita perjalanan. Sedang sulit lantaran belum pasti cerita perjalanan yang Anda catat menarik untuk di baca.

Tersebut sebagian strategi yang bisa dipelajari sebelum saat menceburkan diri ke dalam profesi untuk penulis wisata. Memanglah tidak lalu dapat jadi pakem yang pasti lantaran masalah menulis datang dari dalam kesadaran diri.

travel-writer

Buat catatan perjalanan secara online

Awalilah untuk menulis catatan perjalanan sekurang-kurangnya melewati situs. Situs (blog) jadi media yang paling disukai dalam sharing cerita perjalanan. Tunjukkan cerita perjalanan dengan cara runut. Catat beberapa hal unik serta menarik yang berlangsung sepanjang perjalanan, dibarengi foto-foto.

Menuliskan cerita perjalanan melewati situs (blog), apabila menarik, bakal jadi umpan ke media sosial, hingga semakin beberapa orang yang bisa nikmati hasil karya Anda. Siapa tahu pengalaman perjalanan yang Anda catat dilirik oleh satu diantara editor media. Tidak tutup kemungkinan di lain waktu Anda di ajak bekerja bersama menggarap proyek terkait dgn wisata.

Tentukan passion perjalanan

Penulis situs (blog) perihal perjalanan wisata beberapa ribu jumlahnya. Coba untuk jadi tidak sama dari sekian banyak yang telah ada. Tentukan tujuan serta kegiatan unik seperti dgn kegemaran Anda. Umpamanya bersepeda, trekking atau menyelam.

Siapa tahu dgn biasanya Anda lakukan aktivitas itu, Anda makin mahir dan juga menjadi pakar dalam bidang itu. Situs (blog) Anda juga pada akhirnya jadi tips untuk beberapa orang yang menentukan aktivitas wisata sama.

Coba publikasikan karya

Hal paling mengasyikkan untuk seorang penulis yaitu lihat namanya terdaftar pada media, tak tahu surat berita, majalah maupun situs. Terutama media itu yaitu media terkenal sebagai berlangganan bacaan.

Tidak ada salahnya bila sesekali saat Anda coba menghubungi redaksi media berkaitan. Cari info bagaimana supaya karya yang Anda bikin dapat dimuat. Langkah lain, dapat juga pelajari kolom-kolom spesial yang ada pada media, yang kurang lebih seperti dgn keahlian Anda.

Membina jaringan

Untuk seorang penulis terlebih penulis wisata, kenal dgn beberapa orang jadi hal utama. Awalilah untuk bangun jalinan dengan cara onine melewati kolom-kolom komentar di media sosial.

Pada situs (blog), disana juga terdaftar kolom komentar untuk pembaca Anda. Berbaik hatilah untuk membalas komentar yang masuk. Cukup bersenang hati bila pembaca suka pada tulisan Anda. Sedang bila ada yang mencaci, buat jadi itu untuk input supaya karya setelah itu tambah baik.

Diluar itu, tidak ada salahnya bila Anda rajin untuk menghadiri pertemuan, workshop serta bincang-bincang yang banyak bersua dgn penulis wisata lain. Dgn demikianlah, Anda bisa bertukar info juga temukan beberapa hal seru dari cerita perjalanan mereka.

Tahu arah tulisan Anda

Kadang-kadang kekeliruan besar penulis yaitu ia tak konsentrasi dalam tulisannya. Saat Anda menulis wisata, Anda mesti yakinkan apa hal yang bakal Anda untuk pada pembaca. Segi menarik dari perjalanan wisata Anda, dan apakah pembaca bakal terkesan dgn cerita Anda. Janganlah lupa juga untuk bikin alur tulisan cerita perjalanan Anda dgn runtut serta rapi supaya pembaca tidak bingung dgn cerita perjalanan Anda.

Mau Booking Hotel, Cari Tiket Pesawat atau Kereta? Disini aja..

Leave a Reply