Menjelajahi Green Canyon Pangandaran

posted in: Artikel Wisata | 0
Share ya

Menjelajahi Green Canyon Pangandaran. Tidak semua tebing yang curam menyeramkan. Di Grand Canyon Amerika Serikat, tebing-tebing terjal malah jadi daya tarik wisata. Tetapi, tidak usah jauh-jauh kesana untuk nikmati keindahan surga yang terbentuk dengan cara alami itu. Di Indonesia, juga ada ngarai yang tidak kalah memesona. Saat seolah berhenti waktu bertualang ke Green Canyon, Jawa Barat. Tebing kokoh membelah lembah hijau subur, membuat aliran air di tengahnya. Menelusurinya, menyuguhkan pengalaman mengesankan.

wisatajogjamurah.com_green canyon (3)

Sejatinya, orang-orang setempat menyebutkan lokasi itu “Cukang Taneuh”. Berarti, jembatan tanah. Nama itu menempel karena memanglah ada jembatan yang terbuat dari tanah disana. Sarana itu kerap dipakai beberapa petani menuju kebun.
Terakhir, destinasi wisata itu memperoleh julukan yang lebih moderen : Green Canyon. Karena, pemandangan disana disebut-sebut serupa dgn Grand Canyon di Amerika Serikat.

Green Canyon terdapat di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Butuh kurang lebih tiga jam berkendara dari pusat Kabupaten Ciamis. Dgn ticket sebesar Rp 75 ribu per orang, pengunjung bakal dibawa menelusuri Sungai Cijulang sembari nikmati situasi dgn perahu tradisional.  Pohon-pohon rindang membuahkan hawa sejuk yang membekap selama perjalanan. Warna hijaunya demikian memanjakan mata pengunjung. Kehidupan orang-orang sekitar dapat juga disaksikan di selama perjalanan. Riangnya anak-anak mandi di sungai serta kehidupan satwa, yaitu potret yang menarik.

Yang paling mempesona : kelompok staklaktit di langit-langit gua yang juga dilalui perahu. Mereka seolah memayungi pengunjung dari sengatan matahari. Tetapi, cahaya Sang Surya terus memancar lewat celah lubang yang disisakan kerumunan stalaktit.

Hujan Abadi

Garis-garis cahaya juga membekas di udara, menyuguhkan gradasi warna biru, hijau, dan kekuningan. Lanskap itu demikian cantik. Sepanjang taun, staklaktit juga tidak sempat jemu meneteskan air, hingga orang-orang menyebutnya “hujan kekal”.
Untuk pemburu tantangan, dapat mengarungi sungai tanpa perahu. Kegiatan body rafting dapat dikerjakan dgn pelampung yang telah ada. Banyak operator yang telah beroperasi serta siap memandu pengunjung menguji adrenalin disana.
Supaya lebih mengasyikkan, kunjungi Green Canyon dengan cara berkelompok. Hingga, body rafting dapat dikerjakan berbarengan. Aktivitas itu sekaligus dapat menguji kerja sama tim menyelesaikan satu perjalanan.

Inilah beberapa foto-foto saat saya dan teman-teman melakukan body rafting, yaitu berpetualang menyusuri sungai selama kurang lebih 3 jam 😀

wisatajogjamurah.com_green canyon (1) wisatajogjamurah.com_green canyon (2)  wisatajogjamurah.com_green canyon (4) wisatajogjamurah.com_green canyon (5)

Mau Booking Hotel, Cari Tiket Pesawat atau Kereta? Disini aja..

Leave a Reply