Pantai Indrayanti

posted in: Tempat Wisata | 0
Share ya

Saat matahari belum meninggi, waktu aku telah sampai di pantai Indrayanti. Segerombol remaja asik bercengkerama sembari bergaya untuk di foto. Di sebelah barat terlihat 3 orang tengah berlarian mengejar ombak, beberapa yang lain bersantai di dalam gazebo sambil nikmati segarnya kelapa muda yang disajikan segera berbarengan buahnya. Sebagian penginapan yang dikonsep back to nature berdiri dgn gagah dibawah bukit, sedang tempat tinggal panggung serta gubug yang mirip honai (rumah adat Papua) berdiri di dekat pantai. Jet ski kuning terparkir di pojok restoran.

pantai-indrayanti

Terdapat di sebelah timur Pantai Sundak, pantai yang dibatasi bukit karang ini adalah satu diantara pantai yang menghidangkan panorama tidak sama dibanding pantai-pantai lain yang ada di Gunungkidul. Bukan sekedar berhiaskan pasir putih, bukit karang, serta air biru jernih yang seakan memanggil-manggil wisatawan untuk menceburkan diri ke dalamnya, Pantai Indrayanti juga dilengkapi restoran serta cafe dan jejeran penginapan yang bakal memanjakan wisatawan. Bermacam menu dimulai dari hidangan laut sampai nasi goreng dapat di pesan di restoran yang menghadap ke pantai ini. Saat malam hari, gazebo-gazebo yang ada di bibir pantai bakal tampak cantik lantaran diterangi kerlip cahaya lampu. Nikmati makan malam di cafe ini ditemani desau angin serta alunan debur ombak bakal jadi pengalaman romantis yang tidak terlupa.

Penyebutan nama Pantai Indrayanti pada mulanya memetik banyak kontraversi. Indrayanti tidaklah nama pantai, tetapi nama yang memiliki cafe serta restoran. Berhubung nama Indrayanti yang terpampang di papan nama cafe serta restoran pantai, pada akhirnya penduduk menyebut pantai ini dgn nama Pantai Indrayanti. Sedang pemerintah menamai pantai ini dgn nama Pantai Pulang Syawal. Tetapi nama Indrayanti tambah lebih popular serta seringkali dimaksud dari pada Pulang Syawal. Keterlibatan pihak swasta dalam pengelolaan Pantai Indrayanti rupanya ikut membawa efek positif. Tidak sama dgn pantai-pantai lain yang agak kotor, selama garis pantai Indrayanti tampak bersih serta bebas dari sampah. Hal semacam ini karena pengelola tidak segan-segan menjatuhkan denda sebesar Rp. 10.000 untuk setiap sampah yang dibuang oleh wisatawan yang sembarangan. Karenanya Indrayanti jadi area yang nyaman untuk dikunjungi.

Selesai nikmati sepiring nasi goreng serta es kelapa muda di gazebo, aku beranjak menuju bukit di segi timur. Berhubung tak ada jalur, menerobos semak serta perdu sambil memanjat karang juga jadi pilihan. Sesampainya diatas bukit panorama laut yang bebatasan dgn Samudra Hindia terhampar. Sebagian burung terbang sembari membawa ilalang untuk membuat sarang. Nada debur ombak serta desau angin berpadu membuat orkestra yang indah serta menenangkan. Tunggulah apa lagi? Yuk jalan-jalan bareng wisatajogjamurah.com :D

Alamat: Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia

Referensi Artikel : yogyes.com

Mau Booking Hotel, Cari Tiket Pesawat atau Kereta? Disini aja..

Leave a Reply