Pantai Jogan

posted in: Tempat Wisata | 0
Share ya

Senja turut menyongsong saat saya tiba di Pantai Jogan. Di antara tebing-tebing tinggi khas pegunungan, Pantai Jogan bak peraduan, area air sungai turun gunung menjumpai ombak yang pulang melaut. Dari beberapa pantai yang membentang 71 km. pesisir Gunungkidul, Pantai Jogan menempati posisi istimewa lantaran kehadiran air terjun yang jatuh dari atas tebing ke bibir laut, mengingatkan pada McWay Beach Waterfall di California. Sampai kini, tidak banyak pelancong yang tahu perihal Pantai Jogan. Lokasinya yang persis ada di sebelah barat Pantai Siung cenderung terlupa oleh beberapa pemanjat yang dipacu motivasi memeluk moleknya tebing Siung.

pantai-jogan

Untuk sampai Pantai Jogan, butuh  kurang lebih dua jam berkendara dari Jogja. Menyusuri jalanan aspal mulus, berkelok-kelok membelah perbukitan karst yang disebut sisa lautan jutaan taun silam. Apabila kita sampai di Pos Retribusi Pantai Siung, berarti Pantai Jogan telah dekat, lantaran kurang lebih 400 mtr. dari pos itu, bakal tampak papan kayu penunjuk arah menuju Jogan. Menukar aspal mulus, jalur setapak jadi pemandu setelah itu, mengantar Anda dgn didampingi dua sungai kecil di sisi kiri yang nanti bakal menyatu lalu menjelma jadi air terjun. Sayang sekali, keelokannya cuma dapat disaksikan waktu musim penghujan, sesaat di musim kemarau debit air benar-benar kecil ditambah dgn kegiatan penyedotan airnya untuk kepentingan warga.

Untuk dapat menikmati guyuran air dari atas tebing, kita mesti turun ke bawah. Ada dua langkah untuk turun, pertama dgn teknik canyoning dengan kata lain rappeling di air terjun. Pasti dibutuhkan peralatan serta kekuatan mumpuni untuk mengerjakannya. Ke-2, menapaki turunan licin yang basah. Untunglah ada kayu-kayu pegangan untuk penopang badan. Walau demikian, kehati-hatian hal harus diperhatikan lantaran jalur yang curam. Sesudah batuan curam nan licin, tersisa satu lagi tantangan, kita tetap mesti melalui karang yang dihuni oleh beberapa ribu bayi kepiting berwarna transparan memiliki ukuran lebih kurang 5 mm. Ini memanglah bukan hanya koloni kepiting merah penghuni Christmas Island (yang dekat Jawa Barat namun dipunyai Australia), tetapi melewatinya dgn kaki telanjang pasti bukan hanya perkara simpel. Masyarakat  kurang lebih umum mengambil bayi kepiting ini untuk dimasak, jadi rekan makan nasi hangat di saat musim hujan. Apabila mujur, pengunjung juga dapat melihat beberapa ratus kupu-kupu bergerombol di bebatuan kering.

Nah, sampailah Anda. Berlatar ungunya langit senja, memandang terlepas ke Samudera Hindia, melihat Poseidon melempar gulungan ombak yang seakan siap melahap, sesaat dibalik punggung, nada air terjun memekakkan telinga, tandanya derasnya air yang jatuh. Tidak butuh merasa ngeri, nikmatilah keramahan percikan air waktu kaki-kaki air menjamah kerasnya batuan karang. Menyongsong sopan sebelum saat Anda mengungkap tirai air, masuk peraduan grojogan.

Pantai Jogan yaitu pemberi kesegaran, laksana oase di luasnya hamparan pantai pasir putih Gunungkidul. Juga seperti garnishes di piring yang terlampau sayang untuk ditinggalkan. Pantai yang pas untuk Anda yang mau merasakan sensasi tidak sama dari surga pesisir selatan Jogja.

Alamat: Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia

Referensi Artikel : yogyes.com

Mau Booking Hotel, Cari Tiket Pesawat atau Kereta? Disini aja..

Leave a Reply